Bank Indonesia

Bangunan PT. Bank Indonesia 4

Bangunan ini dibangun tahun 1906 oleh Fermont – Ed. Cuypers & Hulswit sebagai De Javasche Bank (DJB), bangunan bank pertama di Medan dengan kantor pusat di Batavia (Jakarta). Dibuka pada 30 Juli 1907 dan merupakan kantor cabang DJB ke-11 saat itu. Setelah kemerdekaan, bank ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan pada tahun 1953 resmi menjadi Bank Indonesia. Dari segi fungsi dan perletakan tidak terdapat perubahan. Perubahan terjadi pada bentuk dan luas bangunan. Tepatnya terjadi empat kali renovasi sebagai berikut:
 Sekitar tahun 1956 bagian depannya diperluas, sehingga jumlah jendela depan yang dahulu berjumlah dua menjadi empat buah. Atap kubah di tengah bangunan dihilangkan. Dan plafon ruang besarnya direndahkan. Ukurannya menjadi 33 x 33 m2. 
 Tahun 1972 oleh pemerintah Indonesia dibangunlah gedung tengah yang menyambung ruang khasanah di lantai semi basement, dan tertutup dari masyarakat umum. Jendela kayu diganti dengan jendela nako.
 Tahun 1990 didirikan bangunan baru berlantai 10 di belakang bangunan lama yang dipergunakan untuk kebutuhan kerja karena kegiatan perbankan dan kepegawaian yang semakin besar.
 Tahun 2002 gedung lama ini dirombak ulang dan semua perubahan elemen yang pernah terjadi dikembalikan seperti langgam awal gedung DJB, termasuk kubah, tinggi plafon, jendela kayu, dan interiornya, kecuali jamnya karena tidak didapat lagi yang serupa.


Keterangan : Sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Walikota Medan Nomor 433/28.K/X/2021
Informasi Detail
Alamat:Jl. Balai Kota No. 4
Kel. Medan Barat, Kec. Kelurahan Kesawan
Penanggung Jawab:PT. Bank Indonesia
Status Kepemilikan:Perusahaan
No. Telp:-
2
3
Informasi Budaya Lainnya
RIA AGUNG NUSANTARA...
Drs. Monang Butar-Butar
LEBAH BEGANTONG...
Papan Nama jamaludin