Hotel Natour Dharma Deli (Hotel Grand Inna)

Bangunan Hotel Natour Dharma Deli (Hotel Grand Inna) 4

Hotel yang dulunya dikenal dengan Hotel De Boer ini diambil dari nama pemiliknya Aeint Herman de Boer, berasal dari Workum, sebuah kota kecil di Belanda, dan datang ke Medan pada tahun 1899.
Hotel ini didirikan pada tahun 1894, pada awalnya terdiri dari tujuh kamar, sebuah restoran dan bar. Seiring dengan meningkatnya popularitas hotel ini di kalangan penguasa Belanda, pemilik mengembangkan hotel ini menjadi 40 kamar (1909), lalu menjadi 120 kamar (1930), beberapa hall dan sebuah restoran. Hotel ini pernah dikunjungi oleh tamu-tamu kehormatan pemerintah Belanda dan artis-artis Barat masa itu, diantaranya Raja LeĢopold II dari Belgia dan artis terkenal Mata Hari.

Hotel ini juga memperkenalkan ‘mosquito free room’ dengan mendesain jendela berkawat kasa (wire gauze frame) tipis dan lembut menggantikan kelambu yang dipasang di tempat tidur, dan merupakan hotel pertama di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi ini untuk kenyamanan kamar. Tidak heran hotel ini masuk dalam daftar bangunan yang punya impresi kuat di Hindia Belanda seperti yang dituliskan dalam buku Twentieth Century Impression of The Netherland Indies yang diterbitkan di Singapura tahun 1909. Hotel ini menjadi terkenal di Hindia Belanda karena dideskripsikan dalam novel Madelon Szekely Lulofs, seorang istri dari orang Hongaria, Lazlo Szekely, berjudul ‘Rubber’, terbit tahun 1932/5[?] yang menceritakan kehidupan perkebunan pada tahun 1920-an.

Hotel De Boer dijual oleh pemiliknya pada tahun 1935, dan setelah Indonesia merdeka diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan berganti nama menjadi Hotel Dharma Bakti, namun karena kurang mencerminkan kota Medan maka nama itu diganti lagi menjadi Hotel Dharma Deli.

Keterangan : Sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Walikota Medan Nomor 433/28.K/X/2021

Informasi Detail
Alamat:Jl. Balai Kota No. 6
Kel. Medan Barat, Kec. Kelurahan Kesawan
Penanggung Jawab:Hotel Natour Dharma Deli (Hotel Grand Inna)
Status Kepemilikan:Perusahaan
No. Telp:-
2
3
Informasi Budaya Lainnya
RIA AGUNG NUSANTARA...
Drs. Monang Butar-Butar
LEBAH BEGANTONG...
Papan Nama jamaludin